Tentang HMRH

Himpunan Mahasiswa Rekayasa Hayati (HMRH) merupakan himpunan yang berasaskan keprofesian keilmuan hayati teknik (Biological Engineering) dan kekeluargaan. Sebelumnya, HMRH merupakan bagian dari Himpunan Mahasiswa SITH “Nymphaea”, namun karena bidang keilmuan dan keprofesian yang berbeda, akhirnya pada tanggal 27 Maret 2013 HMRH memisahkan diri dari Nymphaea dan menjadi himpunan independen. HMRH dahulu menaungi 3 jurusan SITH Rekayasa (Rekayasa Hayati, Rekayasa Pertanian, dan Rekayasa Kehutanan). Namun, seiring dengan dibutuhkan sarana berkemahasiswaan yang lebih fokus dan spesifik dalam keilmuan dan keprofesian di masing-masing jurusan, maka pada tanggal 23 Maret 2015 Rekayasa Pertanian dan Rekayasa Kehutanan resmi berpisah dari HMRH.

HMRH dibentuk berdasarkan beberapa kebutuhan. Pertama, bidang keilmuan Rekayasa Hayati merupakan bidang keilmuan yang terbilang baru di Indonesia sehingga diperlukan wadah berkreasi untuk memperkenalkan keprofesian Rekayasa Hayati. Melalui HMRH, diharapkan mahasiswa Rekayasa Hayati dapat mengaplikasikan ilmu yang dimilikinya sekaligus menanamkan jiwa berhimpun. Kedua, lokasi perkuliahan mahasiswa  Rekayasa Hayati yang terletak di Kampus ITB Jatinangor yang berjarak ± 25 km dari kota Bandung menjadi kendala dalam kegiatan berhimpun di Kampus ITB Ganesha. Oleh karena itu, disinilah peran HMRH sebagai pionir himpunan mahasiswa pertama di Kampus ITB Jatinangor untuk merangkul dan menyediakan sarana untuk berkreasi bagi mahasiswa Rekayasa Hayati. Keberadaan HMRH di kampus ITB Jatinangor diharapkan mampu memberikan dampak positif bagi massa kampus dan masyarakat sekitar.

Apa itu Rekayasa Hayati?

Rekayasa Hayati (Bioengineering) merupakan integrasi ilmu hayati dan teknik (engineering) yang diaplikasikan dalam perekayasaan berbasis biosistem untuk meningkatkan efisiensi fungsi dan manfaat biosistem dalam industri berbasis bio (bioindustry).

Arti Lambang HMRH

logo HMRH

Lambang HMRH tersusun dari rantai helix DNA yang ditengahnya terdapat separuh gambar pabrik dan separuh gambar tumbuhan. Arti keseluruhan lambang HMRH adalah sinergisasi antara massa HMRH dan mencirikan keprofesian HMRH yang bersumber dari tumbuhan untuk kemajuan bioindustri Indonesia. Download lambang HMRH disini

Atribut Himpunan

Atribut HMRH adalah jaket himpunan (Jahim) HMRH yang berwarna coklat pada bagian luar dan putih (broken white) pada bagian dalam. Warna coklat melambangkan kekuatan, energi, kehangatan, bumi, dan reliabilitas. Warna putih melambangkan kesucian dan kearifan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *