SITH ITB GOES TO BIOTEC-THAILAND

s__34775103THAILAND, 2016 – Pada tanggal 21-26 November 2016, 19 mahasiswa dengan didampingi oleh seorang dosen dari Sekolah Ilmu dan Teknologi Hayati (SITH) ITB melakukan progam student exchange ke BIOTEC, Thailand. Program studi yang terlibat dalam program ini berasal dari program sarjana dan pascasarjana yaitu Rekayasa Hayati (S1), Rekayasa Pertanian (S1), Rekayasa Kehutanan (S1), Biologi (S1), Mikrobiologi (S1), Bioteknologi (S2), dan Biomanajemen (S2).

Sekilas tentang BIOTEC

The National Center for Genetic Engineering and Biotechnology (BIOTEC) pertama kali didirikan di bawah Kementrian Sains, Teknologi, dan Energi oleh pemerintahan Thailand pada tanggal 20 September 1983. Setelah didirikannya National Science and Technology Development Agency (NSTDA) pada tahun 1991, BIOTEC menjadi salah satu bagian dari pusat NSTDA, beroperasi di luar kerangka normal layanan dan perusahaan negara sipil. Ini memungkinkan menjadi pusat peroperasian secara lebih efektif untuk mendukung dan transfer teknologi untuk pengembangan industri, pertanian, sumber daya alam, lingkungan, dan sosial untuk meningkatkan perekonomian masyarakat Thailand. Pusat-pusat lain dibawah bagian dari NSTDA yaitu Materials Technology Center (MTEC), National Electronics and Computer Technology Center (NECTEC), National Nanotechnology Center (NANOTEC), dan Technology Management Center (TMC).s__34775104

Sebagai sebuah lembaga penelitian terkemuka di Thailand dan Asia, unit penelitian BIOTEC beroperasi di Thailand Science Park dan laboratorium khusus yang diselenggarakan oleh berbagai perguruan tinggi. Penelitian BIOTEC mencakup spektrum yang luas dari ilmu pertanian, ilmu biomedis dan ilmu lingkungan. Terlepas dari laboratorium penelitian, kegiatan BIOTEC juga mencakup penelitian kebijakan, program penyuluhan, pelatihan dan hubungan internasional.

Short Courses dan Kunjungan ke Bio-based Industri

Program yang diikuti oleh mahasiswa selama berkunjung ke BIOTEC, Thailand yaitu kuliah singkat mengenai penelitian bioteknologi di BIOTEC dan kunjungan ke Bio-based Industri yang masih bekerja sama dengan BIOTEC. Penelitian bioteknologi pada BIOTEC ini memiliki 9 unit penelitian yaitu animal biotechnology research, food biotechnology research, plant biotechnology research, genome technology research, medical molecular biology research, microbial biotechnology and biochemical research, biodiversity and biotechnological resource research,virology and antibody technology research, dan biosensing technology research. Sembilan unit penelitian tersebut dirangkum dalam sebuah kuliah singkat yang nantinya disampaikan ke mahasiswa. Setelah selesai mengikuti semua kuliah singkat yang diberikan, selanjutnya melakukan kunjungan industri ke empat tempat yang masih bekerja sama dengan BIOTEC. Industri tersebut yaitu Biopharmaceutical Research and Development Laboratory, Bangkok, Rice Gene Discovery and Utilization Laboratory, Nakhon Prathom Province, Center of Scientific Equipment for Advanced Research, Thammasat University, dan Asia Star Animal Health Company Limited (AVS).


Penulis: Anggita Veningtia Sari//AVS (11213022)

Masih belum cukup informasi yang disajikan mengenai program ini? Jangan khawatir!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *