Sekilas Pandang Sharing Alumni

sharing alumni

Sharing alumni yang akan dilaksanakan pada tanggal 2 november 2013 ini akan diisi oleh pembicara-pembicara yang luar biasa. Pembicara-pembicara tersebut bekarya dalam keprofesiannya masing-masing dan memiliki korelasi yang cukup baik dalam bidang keahlian SITH Rekayasa, baik Rekayasa Pertanian, Rekayasa Kehutanan, dan Rekayasa Hayati. Berikut adalah profil singkat dari ketiga pembicara yang akan mengisi acara sharing alumni nanti.

1. Yani Septiani, M.Sc.

Merupakan alumni Biologi ITB dan melanjutkan di University of Edinburgh dalam bidang Forest Science. Saat ini sedang menjabat sebagai koordinator ITTO Project (International Tropical Timber Organization). ITTO merupakan proyek yang mengatur dan mengelola hutan konservasi di kawasan perbatasan Kalimantan Barat- Serawak. Selain itu, ibu Yani Septiani juga merupakan anggota konsultan tetap dari NRDC (Natural Resource Development Centre).

Ibu Yani Septiani juga merupakan anggota kelompok kerja Pengarusutaman Gender di Kementrian Kehutanan Republik Indonesia yang berfokus pada peranan perempuan dalam pelestarian dan manajemen hasil hutan.

2. Djajat Suhardja

Bapak Djajat Suhardja merupakan Founder dan Direktur Utama PT Pandu Persada, suatu perusahaan konsultan nasional bidang lingkungan hidup, perencanaan dan manajemen konstruksi bangunan.

Bapak Djajat Suhardja, atau akrabnya dipanggil pak DS merupakan alumni Biologi ITB Tahun 1976. Saat masih di bangku kuliah, beliau pernah menjadi ketua himpunan mahasiswa Biologi (Himabio iTB) pada saat itu.

Setelah lulus dari ITB, pak DS pernah bekerja di Lembaga Fisika Nasional (LFN) – sekarang menjadi Pusat Penelitian dan Pengembangan Fisika Terapan (P3FT) LIPI. Selain itu, beliau juga merupakan anggota eksekutif Walhi Jabar yang berfokus pada pengembangan SDM lingkungan non pemerintah dalam tim mitigasi dan advokasi lingkungan.

Pada tahun 1992, pak DS beserta beberapa koleganya mendirikan perusahaan konsultan lingkungan hidup PT Pandu Persada. Pak DS juga merupakan pemilik dan pengembang Kawasan Wisata Alami Pangjugjugan, Cilembu, Kabupaten Sumedang.

3. Dra. Upik Jamil

Ibu Upik Jamil merupakan alumni Biologi ITB tahun 1987. Saat ini, ibu Upik bekerja di kementrian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Republik Indonesia, menjabat di bagian Pusdiklat Ketenagalistrikan, Energi Baru, Energi Terbarukan, dan Konservasi Energi (KEBTKE).

Pusdiklat KEBTKE bergerak dalam bidang audit penggunaan energi dalam bidang industri. Tujuan utama dalam bidang ini adalah antara lain untuk termanfaatkannya energi secara efisien di semua sektor dan terjaminnya penggunaan energi secara optimal.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *