Ngobrol Inspiratif by PSDA

DSC_0979

JATINANGOR, hmrh.sith.itb.ac.id – Kala inspirasi menuangkan produktivitas dalam gagasan sebuah perbincangan, bulir-bulir semangat dalam sebuah progress akan mengakar kuat. NGOPI (Ngobrol Insipiratif) sebuah kegiatan atas prakarsa Departemen PSDA (Pengembangan Sumber Daya Anggota) HMRH (Himpunan Mahasiswa Rekayasa Hayati). Kegiatan yang bertemakan “Make a Step, Act for Others” berisikan talkshow yang menghadirkan tokoh inspiratif peraih Juara 1 Ganesha Karsa 2014, Darmadi mahasiswa Geologi 2010. Kegiatan yang diadakan pada Kamis (27/08/15) ini berlangsung di selasar TB 4 Asrama ITB Jatinangor.

Bara Inspirasi Sang Juara

Bagi HMRH prestasi merupakan sebuah realisasi tradisi. Kelak dalam benak yang berteriak “HMRH Juara”, bukan lagi hanya sebuah nuansa. Memang tak perlu dipertanyakan bila jawaban yang ada sudah menuai kesimpulan. Inspirasi, passion, prestasi, dan manfaat seakan menjadi sebuah perwujudan nilai-nilai penting yang baik secara eksplisit maupun implisit dapat tersampaikan bagi anggota HMRH. Kesatuan nilai tersebut merupakan sebuah harmoni yang buahnya bisa jadi jauh lebih manis dan jauh lebih besar dari akarnya.

Dalam passion ada makna keikhlasan dan totalitas, karena passion adalah rasa cinta yang mendalam terhadap sesuatu, yang menjadikan seseorang terus melakukan sesuatu itu dengan senang hati walaupun sulit. Tak melulu tunggal, passion pun bisa terangkai beragam. Prioritas mana yang mau diutamakan atau ingin menjalani semuanya itu hanya bentuk adaptasi sebuah keputusan. Namun sebuah keputusan pun tak cukup bila dieksekusi tanpa perencanaan yang jelas. Ibarat sebuah ungkapan, “gagal merencanakan sama dengan merencanakan kegagalan”. Bukan sekedar omongan semata, narasumber kali ini banyak memberikan contoh konkrit dari bagaimana sulitnya mengarungi samudera kehidupan dengan terjalnya puing-puing besar tantangan.

Tak sia-sia, kegiatan kali ini memanen bobot antusiasisme. Pertanyaan kritis akan passion, sharing pengalaman, dan permintaan opini, rasanya sudah cukup untuk menunjukan keingintahuan yang besar dari massa HMRH. Sempurna, sepertinya itu kata yang sesuai memuat kegiatan kali ini. Bagaimana tidak, ketika eksekusi sebuah program kerja disambut baik oleh calon-calon duta inovasi.

Inspirasi Inisiasi Prestasi

Sosial, riset, dan lingkungan adalah awal kisah bahwa passion adalah tonggak yang mendasar. Bagi Darmadi 3 hal sederhana itulah yang mendorongnya untuk mengikuti kompetisi, berorganisasi dan bermanfaat. Sederhana pun tentu bukan inisial yang mengidentikkan sebuah hal yang mudah. Penelitiannya pun tidak mudah. Ia harus mendaki gunung setiap hari untuk memperoleh data yang ia butuhkan. Lelah tidak terasa karena rasa cinta terhadap apa yang ia lakukan, ujarnya. Sekali lagi, usahanya berbuah manis. Karyanya terpilih ke tingkat nasional untuk mewakili Indonesia di Los Angeles. Disana ia mendapatkan The First Special Award dari China Association for Science and Technology.

Terbiasa hidup dalam segala keterbatasan, mendidik mahasiswa yang sempat memenangkan Olimpiade ini untuk selalu pantang menyerah. Ketika passion akan sebuah lingkungan akhirnya mengantarkannya menjadi Menteri Ganesha Hijau, gayung pun bersambut. Keinginan untuk dapat berpengaruh pun, kini bisa terealisasikan.

Darmadi bisa dibilang adalah wujud dari terminologi “mahasiswa aktivis”. Tidak hanya di dalam kampus, Darmadi juga aktif berkegiatan dan menoreh prestasi di luar kampus. Darmadi sempat mewakili Indonesia dalam ajang INTEL Internasional Science and Engineering Fair di Los Angeles, Amerika, pada Mei 2011. Dalam ajang tersebut, Darmadi mendapatkan penghargaan The First Special Award. Hingga dipenghujung acara, Darmadi menyajikan video singkat beberapa tahun silam, berisi target yang ingin diraihnya. Kemudian Ndang , selaku Ketua HMRH 2014-2015 menutup kegiatan malam itu dengan memberikan plakat kepada Darmadi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *