Inisiasi Himpunan Mahasiswa Rekayasa Hayati

organigramSebagai bentuk regenerasi kepengurusan HIMASITH Nymphaea, pada tanggal 27 Maret 2013 dilaksanakan penyerahterimaan jabatan (sertijab) kepengurusan HIMASITH Nymphaea 2012-2013 kepada kepengurusan 2013-2014. Tidak tanggung-tanggung, kepengurusan HIMASITH Nymphaea 2012-2013 yang diketuai oleh Teguh Wibowo dilanjutkan oleh 3 kepengurusan 2013-2014 sekaligus, yakni Himpunan Mahasiswa Biologi Nymphaea yang diketuai oleh Satya Reza, Himpunan Mahasiswa Rekayasa Hayati yang diketuai oleh Maulana Haidar, serta Himpunan Mahasiswa Mikrobiologi yang diketuai oleh Ahmad Salendra.

Hal ini menindaklanjuti keputusan Musyawarah Anggota HIMASITH Nymphaea sebelumnya bahwa dimulai pada kepengurusan 2013-2014, HIMASITH Nymphaea dipecah menjadi 3 himpunan. Pelaksanaan sertijab yang dilakukan di Selasar Kebab Labtek XI SITH ITB ini dihadiri oleh massa ketiga himpunan. Dalam pelaksanaan sertijab tersebut, dilaksanakan pula pengambilan janji dari seluruh badan pengurus dari ketiga himpunan kepengurusan 2013-2014, yang dipimpin oleh perwakilan DPA masing-masing himpunan, yakni Jalu Permanadari DPA Himpunan Mahasiswa Biologi Nymphaea, Argayasa Gotama dari DPA Himpunan Mahasiswa Rekayasa Hayati, serta Betty Suryanidari DPA Himpunan Mahasiswa Mikrobiologi.

Selain sebagai bentuk regenerasi kepengurusan himpunan, pelaksanaan sertijab ini juga merupakan media untuk memperkenalkan kepengurusan baru dari masing-masing himpunan keseluruh massa SITH, serta media silaturahmi dari masing-masing himpunan. Walaupun HIMASITH Nymphaea telah pecah menjadi 3 himpunan, diharapkan ketiga himpunan ini tetap bekerja sama dalam waktu mendatang dan tetap menjaga semangat nilai kekeluargaan hayati.

Sebagai bentuk rangkaian kegiatan pembentukan Himpunan Mahasiswa Rekayasa Hayati, selanjutnya pada 8 April 2013 dilaksanakan pengangkatan Badan Pengurus Himpunan serta Anggota Dewan Perwakilan Anggota. Kegiatan ini dilaksanakan di Kantin Asrama ITB Jatinangor yang dimulai dari pukul 18.30 WIB, yang dihadiri oleh massa HMRH baik angkatan 2010 maupun 2011. Rangkaian kegiatan ini diawali dengan fiksasi pemilihan lambang HMRH, kemudian dilanjutkan pengangkatan serta pengenalan seluruh anggota Dewan Perwakilan Anggota dan Badan Pengurus Harian Himpunan Mahasiswa Rekayasa Hayati 2013-2014 kepada seluruh massa HMRH.

Selain pengenalan, BPH HMRH pun memaparkan program kerja singkat kepada massa, agar massa mendapat gambaran akan divisi yang akan dimasukinya serta apa yang akan dikerjakannya. Setelah itu kegiatan ini dilanjutkan dengan pembahasan mengenai senator HMRH. Hasil dari pembahasan tersebut menyatakan bahwa HMRH belum memerlukan senator karena massanya yang masih sedikit, namun akan ada perwakilan yang menjalankan tugas kesenatoran tersebut.

Kemudian pada tanggal 15 April 2013 dilaksanakan kajian mengenai atribut Himpunan Mahasiswa Rekayasa Hayati yang membahas jaket himpunan (jahim) di Kantin Asrama ITB Jatinangor, dengan dihadiri oleh massa HMRH. Kajian ini membahas tentang bentuk jahim, warna jahim, serta pernak-pernik perjahiman lainnya. Kajian mengenai jahim ini merupakan hal yang penting sebab jahim akan menjadi citra/ simbol dari HMRH itu sendiri sehingga tidak boleh dibuatsecara sembarang. Kajian jahim pada tanggal 15 April ini menghasilkan keputusan mengenai warna jahim. Sedangkan keputusan tentang bentuk jahim difiksasi pada tanggal 29 April 2013. (MF)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *