Cibeusi, Kampung Tempat HMRH Mengabdi

jalan-cibeusi

Perjalanan menuju rumah warga, desa Cibeusi

BANDUNG – Kampung Cibeusi merupakan kampung yang terletak di Desa Cileunyiwetan, Cileunyi, Jawa Barat. Kampung ini merupakan bagian dari RW 20 dan terdiri dari 3 RT, yaitu RT 01, 02, dan 07. Letaknya yang tersisihkan dari perkotaan membuat kampung Cibeusi kurang mendapat perhatian dari pemerintah setempat. Bahkan pembangunan infrastruktur seperti jalan dan masjid dilakukan sendiri oleh warga Cibeusi tanpa mendapat bantuan pihak luar yang berwenang. Padahal, kampung Cibeusi menyimpan begitu banyak potensi sumber daya alam. Sawah dan perkebunan disana cukup luas dengan berbagai komoditi tanaman seperti jagung, karet, padi, singkong, jahe, dan bambu. Beberapa warga di kampung Cibeusi juga memelihara beberapa hewan ternak diantaranya yaitu kambing, kelinci, dan ayam.

Melihat potensi yang tersembunyi tersebut, Himpunan Mahasiswa Rekayasa Hayati (HMRH) ITB berkeinginan untuk memberdayakan warga kampung Cibeusi demi kemajuan kampung itu sendiri. Divisi Pengabdian Masyarakat HMRH ITB kemudian merancang program kerja berupa HMRH Bina Desa (HBD) dan Cibeusi Pintar untuk mewujudkan cita-cita tersebut.

HMRH Bina Desa bertujuan untuk menjadikan kampung Cibeusi sebagai desa binaan, sehingga potensi di kampung tersebut dapat lebih dikembangkan dan dikenal masyarakat luas. Kajian mengenai program yang akan diterapkan di kampung Cibeusi untuk pengembangan potensi tengah dilakukan. Aspirasi warga juga akan diikutsertakan dalam pengambilan keputusan program terapan melalui FGD (focus group discussion), karena bagaimanapun dalam rencana jangka panjangnya warga harus menjadi mandiri dalam pelaksanaan hingga pengembangan program tersebut.

cibeusi

“Cibeusi Pintar” belajar dan bermain bersama anak-anak Cibeusi

Program kerja lain, yaitu Cibeusi Pintar, bertujuan untuk berbagi inspirasi dan membantu menunjang pelajaran anak-anak di kampung tersebut. Kegiatan di bidang pendidikan yang dilakukan setiap 1 bulan sekali ini dirasa perlu karena HMRH ITB melihat kurangnya motivasi belajar dari diri masing-masing anak. Anak-anak Cibeusi juga mengaku masih kesulitan mengikuti pelajaran di sekolah karena belum terlalu menguasai dasar-dasar pelajaran tersebut. Cibeusi Pintar ini juga dapat dijadikan sarana untuk mengakrabkan mahasiswa dan masyarakat.

Terlepas dari kedua program kerja tersebut, HMRH ITB juga melakukan bantuan untuk kampung Cibeusi, seperti pendanaan pembangunan masjid dan pengadaan fasilitas masjid seperti alat sholat dan kitab suci.


Penulis : Asri Ifani/11214038

Foto : Dokumentasi pribadi divisi Pengabdian Masyarakat HMRH 2016/2017

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *