Benalu Memajukan Indonesia

Oleh: Savitri Nanda Saraswidiasti (Rekayasa Hayati 2012)

Indonesia adalah negeri yang sangat kaya. Satu-satunya negara yang memiliki biodiversitas yang sangat banyak. Tidak semua negara dianugerahi kekayaan seperti Indonesia. Tetapi sangat disayangkan, negara yang memiliki sumber daya alam melimpah sangat sulit untuk berkembang dan bergerak ke arah yang lebih maju.  Tidak heran hal ini terjadi, karena masyarakat Indonesia tidak tahu bagaimana cara mengelola dan melestarikan apa yang ada di depan mata mereka. Kemajuan Bioindustri di Indonesia masih sangat rendah. Padahal, biodiversitas tanaman di Indonesia sangat mendukung perkembangan bioindustri di negara ini. Selain itu, Indonesia merupakan negara yang memiliki tingkat kesehatan rendah jika dibandingkan dengan negara lain. Padahal, jika ingin memajukan suatu negara maka hal pertama yang harus ditingkatkan adalah tingkat kesehatan dari masyarakatnya. Jika masyarakatnya sudah sehat, maka pemerintah akan mudah untuk menjalankan semua program-programnya untuk memajukan negaranya, dan juga masyarakat yang sehat adalah ciri utama dari negara yang sehat dan maju.  Untuk Indonesia, masalah kesehatan yang paling sering ditemui adalah penyakit kanker. Penyakit yang telah membunuh jutaan orang di dunia. Penderita kanker di dunia semakin hari semakin meningkat.

WHO

Sumber: jakartacity.olx.co.id

 Menurut  WHO dan UICC (Pengendalian Kanker Internasional), pada tahun 2030 akan terjadi peningkatan lonjakan penderita kanker sebesar 300 % dan 70% nya berada di negara berkembang seperti Indonesia. Oleh karena itu kita, masyarakat Indonesia harus mencari solusi bagaimana mengurangi penderita kanker dengan memanfaatkan sumber daya yang ada di negara ini. Disinilah peran seorang Biological Engineer sangat dibutuhkan, seorang bioengineer dapat memanfaatkan senyawa yang dihasilkan dari suatu tanaman yang berpotensi untuk menyembuhkan penyakit kanker dan memperbanyaknya.

Banyak orang yang tidak menyadari bahwa setiap tanaman pasti memiliki fungsinya masing-masing. Dan pasti semua orang tidak akan menyangka bahwa sebuah benalu memiliki fungsi yang sangat berguna, yaitu sebagai obat anti kanker. Benalu yang ada pada tanaman teh sering dianggap sebagai penganggu. Para petani teh pasti akan membasmi benalu-benalu itu karena akan menganggu pertumbuhan tanaman teh tersebut. Tapi tahukah anda bahwa sebenarnya benalu teh ini sangat berguna? Benalu teh (Scurulla atropurpureea) merupakan tanaman parasit yang tumbuh menumpang pada tanaman teh. Tinggi dari tanaman ini adalah sekitar 10 sampai 50 cm dan memiliki daun yang tipis berwarna hijau kecoklatan. Dari penelelitian terhadap hasil ekstrak yang didapat dengan menggunakan methanol, diketahui bahwa benalu teh ini mengandung 16 bahan bioaktif yang terdiri dari senyawa asam lemak, santin, avicularin, flavonoid, monoterpen dan lignin. Senyawa avicularin atau senyawa flavonoid yang merupakan metabolit sekunder fenolik.

biji

Sumber: http://www.mongabay.co.id/tag/tambang/

Menurut penelitian, senyawa ini memiliki kemampuan untuk menghambat perbanyakan dan penyebaran sel kanker dalam tubuh manusia. Dimana hal ini sangat menakjubkan karena, jika perbanyakan sel kanker dapat dihentikan maka akan lebih mudah untuk mengobati kanker itu pada bagian tubuh yang terinfeksi saja. Sebagian besar pasien kanker meninggal dunia karena proses penyembuhan kanker melalui kemoterapi yang dilakukan ke seluruh bagian tubuh, akibatnya sel-sel yang masih sehat akan terkontaminasi dan akhirnya akan rusak. Dan hasil akhirnya adalah pertahanan tubuh dari pasien akan menurun, sehingga berbagai macam virus dan bakteri akan mudah masuk ke dalam tubuh dan menyebabkan penyakit yang lebih kompleks. Di dalam benalu teh terkandung senyawa metabolit sekunder flavonoid. Senyawa flavonoid ini dihasilkan dari biosintesis melalui shikimate pathways dan phenylpropanoid pathway. Kemudian, disinilah peran seorang bioengineer dibutuhkan, yaitu dalam peningkatan produktivitas senyawa tersebut atau proses scale up. Peningkatan produktivitas suatu senyawa yang dihasilkan dari suatu tanaman dapat dilakukan dengan mengatur kondisi sedemikian rupa di dalam suatu bioreaktor, sehingga tanaman tersebut dapat menghasilkan lebih banyak senyawa yang kita inginkan. Selain menggunakan bioreactor, proses peningkatan produksi ini juga bisa dilakukan dengan memodifikasi jalur metabolismenya, sehingga didapatkan jalur yang paling efisien yaitu jalur yang membutuhkan paling sedikit ATP tetapi dihasilkan produk metabolisme paling maksimal.

flavo

Sebuah benalu yang menurut sebagian besar orang adalah sebuah parasit tidak berguna, ternyata memiliki kegunaan yang sangat luar biasa dan dapat menyelamatkan nyawa banyak orang. Selain dapat meningkatkan tingkat kesehatan masyarakat, Indonesia juga dapat sambil memajukan sector bioindustri nya dengan cara membangun pabrik penghasil obat anti kanker. Hal ini akan sangat menguntungkan, karena benalu adalah bahan yang dapat ditemukan di hampir setiap tanah di Indonesia sehingga tidak perlu mengeluarkan uang banyak untuk membeli bahan produksi.  Dan dapat dipastikan bioproduk obat anti kanker ini akan bernilai jauh lebih mahal. Dengan begitu Indonesia pun akan mendapat lebih banyak keuntungan karena negara lain pasti akan mengimpor obat ini dari Indonesia yang berarti akan terjadi kenaikan devisa negara. Selain dapat diproduksi menjadi obat, benalu juga dapat diproduksi menjadi sebuah teh herbal yang berguna sebagai pencegah penyakit kanker. Sehingga, imunitas masyarakat Indonesia akan meningkat dan jumlah penderita kanker akan semakin menurun. Pasti tidak pernah terbayang sebelumnya bahwa sebuah benalu dapat memajukan Indonesia.

            Dengan begitu, tingkat kesehatan masyarakat Indonesia akan meningkat kemudian kemajuan sector bioindustri Indonesia juga akan meningkat. Dan jika kedua hal ini sudah tercapai, dapat dijamin bahwa tidak lama lagi Indonesia akan menjadi salah satu negara maju, sejajar dengan negara-negara maju lainnya. Oleh karena itu, marilah kita mengeksplor semua tanaman yang ada di negeri ini karena pasti tersimpan senyawa-senyawa yang berguna dan dapat dijadikan bahan untuk bioindustri. Dan yang paling penting adalah jagalah dan lestarikanlah biodiversitas yang ada di negeri tercinta kita ini, Indonesia.

Referensi :
Sheoran, V., Sheoran, A.S., & Poonia. P. (2010). Soil Reclamation of Abandoned Mine Land by Revegetation: A Review. International Journal of Soil, Sediment and Water 3 (2)
Kusuma, A.P. (2012). Menambang Tanpa Merusak Lingkungan. Badan Geologi, Departemen Energi dan Sumber Daya Mineral
Rahmawati, S. (2011) : Restorasi Lahan Bekas Tambang Berdasarkan Kaidah Ekologi, Skripsi Sarjana Ilmu Kehutanan USU, Sumatera Utara.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *