BE FAME #11

[EHHH JANGAN DIBUNUH!]
Hai Biomassa, kali ini BEFame akan ngebahas salah satu agen hayati non-tumbuhan yang banyak digunakan di kalangan BE, yaitu Black Soldier Fly aka BSF

Jadi, BSF ini dulunya dikira serangga hama yang biasa ada di sekitar sampah” dapur. Namun, dari beberapa penelitian sejak tahun 2002, diketahui bahwa BSF ini dapat dijadikan solusi dari berbagai permasalahan di masyarakat! Mulai dari sumber protein alternatif hingga biofuel.

Jadi dulunya BSF ini berasal dari daerah Amerika, namun sudah menyebar ke seluruh dunia. Nah, yang membuat BSF ini banyak dilirik adalah kemampuannya untuk mengakumulasi makanan di tubuhnya dalam waktu singkat, serta toleransi terhadap sumber makanan dari sampah organik dengan lingkup pH yang cukup luas. Kemampuan akumulasinya terkait langsung dengan siklus hidupnya yang pendek. Dari 44 hari total hidup dari telur hingga kematian, 14 harinya dihabiskan sebagai larva yang mengakumulasi nutrisi di tubuhnya. Toleransi untuk sumber makanannya tersebut dikarenakan oleh konsorsium dari berbagai bakteri seperti Micrococcus sp., Streptococcus sp., Bacillus sp., dan Aerobacter aerogens yang dapat ditemukan pada saluran pencernaannya.

Akumulasi bahan makanan paling banyak terjadi pada tahap larva. Nutrisi yang disimpannya paling banyak dalam bentuk lipid (29-32%) dan protein (50-55%). Kandungan lipidnya yang cukup tinggi tersebut membuatnya cocok sebagai sumber alternatif untuk bahan baku biodiesel. Kandungan proteinnya yang tinggi dapat digunakan sebagai sunber protein alternatif atau pakan ternak.

Jadi bagaimana teman-teman? Cukup berguna kan serangga yang satu ini? Lain kali kalo ketemu BSF di deket tempat sampah jangan dibasmi ya hehe, lebih baik dikembangkan saja.

#BESmartWithBEFAME 🍃

Poster by Kevin Sumendap
Content by Asri Ifani

Sumber:
Banjo, A. D., Lawal, O., A., & Olusole, O. O. (2005). Bacteria associated with Hermetia illucens (Linaeus) diptera: Stratiomyidae. Asian Journal of Microbiology Biotechnology Environmental Science, 7, 351-354
Bosch, G., Zhang, S., Dennis, G. A. B. O., & Wouter, H. H. (2014). Protein Quality of insects as potential ingredients for dog and cat foods. Journal of Nutritional Science, 3, 1-4.
Li, Q., Zheng, L., Cai, H., Garza, E., Yu, Z., & Zhou, S. (2011). From organic waste to biodiesel: black soldier fly, Hermetica illucens, makes it feasible. Fuel, 1-15.
Rachmawati, B. D., Hidayat, P., Hem, S., & Fahmi, M. R. (2010). Perkembangan dan kandungan nutrisi larva Hermetia illucens (Linnaeus) (Diptera: Startiomyidae) pada bungkil kelapa sawit. Journal of Biotechnology Indonesia, 7, 28-41.
Tomberlin, J. K., Sheppard, D. C. (2002). Factors influencing mating and oviposition of Black Soldier Flies (Diptera: Stratiomyidae) in a colony. Journal of Entomology Science, 37, 345-352.
Wardhana, A. H. (2006). Black Soldier Fly (Hermetia illucens) sebagai Sumber Protein Alternatif untuk Pakan Ternak. WARTAZOA, 26(2), 69-78.

2 Comments

  1. Perkenalkan saya adhitya.
    Artikel nya bagus dan bermanfaat
    Mau tanya apakah dari ITB tersedia bibit bsf (pre pupa) yg dijual utk umum ? Saya berencana membuat di rumah saya sendiri utk pemanfaatan kotoran hewan dan limbah sayuran..

    • Halo kak Adhitya, mengenai pre pupa BSF silakan untuk menanyakannya ke bapak Yitno yang bisa ditemui di labtek biru (labtek XI) ITB Ganesha apakah bisa dibeli atau tidak.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *