BE FAME #10

[DAUNNYA DIAPAIN? 😧]

Kemarin udah dikasih tau ya nama cara ningkatin yield produksi minyak atsiri? Yes! Bener banget, Biodelignifikasi!😊

Apasih itu?
Well, pertama-tama dijelasin dulu nih minyak atsiri itu berada didalam suatu storage dalam sel yang bernama vakuola. Tetapi minyak itu gak gampang untuk diakses L. Kenapa? Karena sel tanaman punya dinding sel. Dinding sel ini kuat banget dan terdiri dari ikatan 3 komponen kompleks bernama lignin, selulosa dan hemiselulosa.

Lebih dari 30% tanaman tersusun atas lignin yang memberikan bentuk yang kokoh untuk memberikan proteksi terhadap serangga dan pathogen. Lignin ini adalah komponen yang sulit didegradasi karena strukturnya yang kompleks dan heterogen. Untuk itu, perlu ada perlakuan awal untuk menghancurkan lignin ini biar minyaknya bisa keluar dan terekstrak dengan baik. Nah proses itu tuh namana delignifikasi.

Oke sekarang, kenapa harus BIO-delignifikasi?😳

Jadi, sebetulnya banyak cara untuk ngancurin lignin, bisa dengan diulek daunnya sampe rusak, atau kerennya mah grinding namanya. Tapi, kalo daunnya banyak, capek dong? Kalo pake mesin? Dayanya cukup besar loh L Gimana dong? Dirusak pake basa? Bisa sih. tapi since minyak atsiri tuh gampang nguap, nanti makin susah misahin basa sama minyak atisirinya karena kemungkinan losses sangat besar.😲

Kalo biodelignifikasi emang gimana?

Biodelignifikasi tuh ngancurin lignin dengan minta bantuan dari makhluk hidup seperti jamur maupun bakteri. Sebagian bakteri dan jamur memiliki enzim yang dapat menghancurkan ikatan kuat dari lignin itu. Jadi gabutuh tenaga banyak deh, garibet lagi, ga beli bahan kimia lagi, murah lagi, apalagi? Ramah lingkungan!🍃

Even better! Studies have shown that biodelignifikasi ini bisa ningkatin produksi minyak atsiri hingga 2 kali lipat!😍

Gimana-gimana? Sederhanakan? Iyadong, the best idea is usually the simplest one! See you next week di BE FAME!😉

Stay Curious!🔥

#BESmartWithBEFAME 🌿

Content by Tjokorda I. Indira
Poster by Tjokorda I. Indira

Refrences
Rolz, C., de Leon, R. de Arriola, M.C., and de Cabrera, S., 1986, Biodelignification of Lemon Grass and Citronella Bagasse by White-Rot Fungi, Applied and Enviromental Microbiology, 52, 607-611.
Lutony TL, Rahmayati Y. 1994. Produksi dan Perdagangan Minyak Atsiri. Jakarta: Penebar Swadaya.
Wijaya, C., & Afghani Jayuska, A. H. A. (2015). Peningkatan Rendemen Minyak Atsiri Daun Cengkeh (Syzygium aromaticum) dengan Metode Delignifikasi dan Fermentasi. Jurnal Kimia Khatulistiwa, 4(4).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *